feed
Read more: http://carinacarwash.blogspot.com/2013/01/membuat-headline-news-melayang-di-blog.html#ixzz2LuLrg3ow
Selamat Datang di Blog Carina Car Wash ------------------------------ Alamat : jl. Gereja no. 88.pematangsiantar.--------------------- Terima kasih telah mengunjungi blog Carina Car Wash, semoga bermanfaat bagi anda

JAM

CUACA HARI INI

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
CARINA CAR WASH On Senin, 18 Februari 2013

Sering kali banyak orang berbicara jika ingin lebih mudah mengganti oli mobil dengan mengandalkan pergi ke bengkel, padahal sebenarnya prosesnya penggantian oli cukuplah mudah jika kita ketahui secara benar cara penggantian oli mesin mobil tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin menghemat sedikit waktu dan biaya, dengan mengganti oli mesin mobil sendiri dan tentunya tidak usah repet – repot pergi ke bengkel.

Peralatan Yang Harus Dibutuhkan
1. Lihat buku panduan. Ini sangatlah penting untuk bisa mengetahui informasi tentang jenis oli mesin dan berapa banyak takaran yang harus dibutuhkan pada mesin mobil Anda.
2. Oli mesin mobil.
3. Wadah penampung untuk oli bekas.
4. Filter oli baru.
5. Kunci filter oli.
6. Kunci pembuka bergigi.
7. Seperangkat kunci baut
8. Lap
9. Corong
10. Dua buah jack stands atau penyangga body mobil
12. Dongkrak
Cara Mengganti Oli
1. Saat telah mempersiapkan peralatan untuk mengganti oli mesin, biarkan dahulu mesin mobil menyala selama 10 detik, sebelum mengganti oli, tempatkan mobil Anda pada permukaan bagian datar dan pasanglah hand-rem atau rem tangannya.
2. Letakkan dongkrak di atas permukaan yang keras dan sekiranya mampu menopang body mobil.
3. Dongkraklah bagian depan mobil. Masukkan gigi satu untuk mobil-mobil yang bertransmisi manual. Atau untuk lebih meyakinkan lagi, ganjallah ban belakang mobil tersebut dengan batu.
4. Lihat pada buku manual, dimana letak katup untuk membuang oli, biasanya terletak di bagian depan ditengah bawah dari mobil.
5. Pastikan wadah penampung oli bekas berada di bawah katup pembuang oli, sebelum membuka katup tersebut. Dengan menggunakan kunci pembuka, bukalah katup tersebut.
6. Biarkan oli keluar hingga habis, kemudian bersihkan katup pembuangan oli, serta bukalah katup untuk memasukkan oli yang baru. Kemudian pasanglah kembali katup pembuangan.
7. Gantilah oli filter yang lama dengan yang baru. Tambahkan lapisan film baru yang tebal untuk melapisi seal. Kemudian pasanglah filter oli yang baru dan kencangkan.
8. Bukalah tutup oli mesin, tuangkan oli mesin yang baru, sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan pada buku panduan. Tutuplah kembali tutup oli tersebut.
Penggantian oli sebaiknya diganti setiap 3000 km, atau tiap tiga bulan sekali, jika Anda tak terlalu sering dan tak jauh mengendarainya. Penggantian oli yang terlambat akan berakibat pada mudah naiknya temperatur mesin dan bunyi mesin yang kasar. Ketika mengganti oli, sebaiknya memeriksa juga bagian mobil lainnya yang mengandung cairan, seperti pendingin, power steering, transmisi dan juga rem.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Blogger news

Pengikut

Daily Calendar

HEAD LINE NEWS | carinacarwash.blogspot.com.blogspot.com | carinacarwash.blogspot.com